Jumat, 31 Januari 2014

Model Desain Rumah Mewah Arsitektur Eropa

Rumah mewah yang kini menjadi trend bagi kalangan pejabat dan orang-orang kaya umumnya lebih banyak mendapat sentuhan arsitektur khas Eropa. Ciri-ciri fisik model desain rumah mewah arsitektur eropa terletak dari banyaknya pilar yang tersebar mengelilingi bangunan rumah. Sentuhan gaya Eropa ini bertujuan untuk lebih menekankan unsur mewah sekaligus meningkatkan gengsi dari pemilik rumah. Rumah mewah bergaya Eropa umumnya dipengaruhi oleh beberapa desain arsitektur yang sangat terkenal dikalangan atas seperti arsitektur Yunani Kuno, arsitektur Renaissance, arsitektur Rokoko, dan arsitektur Baroque.
Ide Desain Rumah Mewah Yang Indah
Desain arsitektur rumah mewah terkesan angkuh dengan ciri bagian depan rumah terdapat dekorasi berupa patung manusia, hewan, atau tumbuhan. Berikut ini desain arsitektur gaya Eropa yang sebagian besar diterapkan pada rumah mewah.
  • Arsitektur Yunani Kuno
Bentuk rumah mewah dengan desain arsitektur Yunani Kuno mengadaptasi dari jenis bangunan proscenium dan amfiteather. Ciri khas bangunan ini bentuknya segi empat memanjang, kubus, atau menyerupai dadu. Untuk menambah kekentalan unsur Yunani Kuno, gaya desain arsitektur ini selalu menyertakan patung dewa-dewi khas Yunani sehingga terkesan lebih dramatis. Furnitur didalamnya juga nampak mewah, misalnya model sofa berwarna golden, meja makan besar dengan banyak aksen dan ukiran. Tempat tidur bergaya Victorian turut memperkuat gaya Eropa dengan model kelambu berbahan lembut serta tiang penyangga yang cukup tinggi.
  • Arsitektur Renaissance
Ciri khas model desain rumah mewah dengan arsitektur Renaissance adalah bentuk bangunannya yang sangat mirip dengan gereja atau istana-istana kerajaan. Desain arsitektur dari rumah ini lebih banyak didominasi material marmer dari pilar hingga interiornya. Meskipun dikategorikan desain rumah mewah namun arsitektur Renaissance umumnya hanya mengaplikasikan warna tunggal (satu warna). Seluruh ruang bagian dalam termasuk dinding dan langit-langit mayoritas berlapis ukiran bercorak perilaku manusia atau hewan, tumbuhan, perisai, perahu, atau topeng. Elemen-elemen interiornya sangat dekoratif dan menghiasi kolom disetiap ruangan dalam bangunan.
  • Arsitektur Rokoko
Desain arsitektur Rokoko awalnya dikenal di Perancis sekitar abad 18. Jenis arsitektur ini terbilang cukup unik dan terkesan berantakan, setting motif ruangan yang relatif gelap menggambarkan desain Rokoko ini kental dengan gaya hidup aristokratis. Jika rumah mewah mengadopsi gaya arsitektur ini maka akan terdapat 2 buah menara dengan gaya Hexa Style. Namun seiring perkembangan desain arsitektur rumah mewah, menara tersebut biasanya diganti dengan pilar yang sangat tinggi.
  • Arsitektur Baroque
Kesan elegan nampak jelas dari model desain rumah mewah arsitektur eropa dengan arsitektur Baroque. Istilah Baroque sendiri bisa dibilang sebuah kategori dari perkembangan seni di Eropa pada zamannya yaitu sekitar tahun 1600 sampai 1750. Arsitektur Baroque sendiri memiliki ciri khas desain yang elegan dengan memadukan 3 unsur yaitu energy, sense of movement, serta tension. Karakteristik arsitektur ini memiliki unsur pencahayaan yang dramatis, hiasan wall painting pada langit-langit, dan kaya ornament.

3 komentar: