Minggu, 12 Januari 2014

Merancang Web menggunakan Dreamweaver 8

Merancang web menggunakan Dreamweaver 8

Web atau website saat ini merupakan suatu hal tidak begitu sulit untuk dipelajari. Terutama bagi orang awam begitu banyak tool dan aplikasi untuk membuat web. Mulai dari yang paling mudah, menengah sampai pada tingkat profesional, semua itu bisa dipelajari oleh siapapun termasuk bagi yang tidak bergelut di dunia komputer.  Bahkan sekarang sudah ada yang namanya CMS, (bisa dibaca di sini )yaitu aplikasi siap pakai untuk membuat web secara mudah dan singkat termasuk bagi kita yang kurang memahami pemrograman Web. Background apapun kamu, kalau punya niat dan keinginan, maka semua itu bisa dilakukan apalagi di dunia internet, banyak tutorial dan ilmu gratis yang bisa di dapat.

Dalam merancang web diperlukan sebuah aplikasi atau tool-nya, salah satu aplikasi yang populer adalah Macromedia Dremaweaver. Dengan aplikasi Macromedia Dreamweaver kita bisa mengolah web secara luas, mulai dari penggunaan HTML dan CSS, Penambahan J-Query, Pemrograman Web, penambahan desain dari pengolah gambar, penambahan animasi dari aplikasi Flash dan lain-lain.

Cara menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver sebagai barikut :
  • Instal Lebih dulu Aplikasi Macromedia Dreamweaver
  • Buat folder atau tempat penympanan Web, lebih bagusnya sesuai tema yang anda inginkan.
    Membuat folder
  • Aktifkan atau buka aplikasi Macromedia Dreamweaver. Anda disini bisa memilih sesuai dengan yang akan dibuat, misalnya ke pemrograman PHP, CSS atau lainnya. Untuk pertama kali pilih aja HTML.
    Memulai Macromedia Dreamweaver

  • Kemudian akan tampil Lembaran awal Aplikasi Macromedia Dreamweaver
    lembar kerja Dreamweaver
    Menu Pulldown : Perintah berupa text
    Menu Toolbars : Perintah berupa gambar-gambar
    Title : Judul Web Anda
    Tampilan lembar kerja :
    Code : Tampilan berupa kode-kode HTML, PHP atau CSS maupun lainnya
    Desain : Tampilan berupa desain misalnya desain dari photoshop
    Spli : Tampilan 2 jendela yaitu desan dan kode nampak bersama-sama.
    Properties : Perintah untuk memformat teks maupun lainnya seperti  cetak tebal, mengatur tabel,  memberi warna dan lain-lain.

Mengatur Web (Manage Site)
  1. Langkah pertama yang harus dibuat adalah mengatur web yaitu : tempat penyimpanan, jenis web statis atau dinamis tempat penyimpanan gambar dan lain-lain.  Caranya klik Site, Manage Site.
    manage site dreamweaver
  2. Ada pilihan Basic dan Advance. Kita bisa memilih basic jika pengaturan secara berurutan sekalian mengatur pemrograman web yang digunakan. Namun jika ingin cepat, bisa juga pilih Advance untuk menghemat waktu, setting pilihan pemrograman-nya pun bisa diatur kemudian.
    memilih tempat penyimpanan dreamweaver
  3. Seperti terlihat pada gambar di atas, tulis nama Site, Local Root folder dan Penyimpanan gambar (Default Image Folder). Kemudian klik OK dan akan tampak letak folder penyimpanan disebelah kanan lembar kerja. Jika tampilan tersebut tidak tampak, klik anak panah ke kiri di bagian kanan dari lembar kerja tersebut.  Lihat gambar (Contoh menyembunyikan task pane sebelah kanan).
    tampilan setting manage site
  4. Sekian dulu tentang cara Memulai menggunakan Macromedia Dreamwevaer, nantikan tutorial berikutnya. Silahkan di coba dulu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar