Selasa, 21 Januari 2014

Cara untuk Desain Website

Cara Desain Website

1373320055245732742
Ilustrasi/Admin (Shutterstock)
Cara mendesain website adalah cara pertama kali sebelum kita membangun sebuah website. Entah itu untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan bisnis. Langkah awal sebelum mendesain website adalah menentukan dulu faktor-faktor yang menjadi tumpuan awal ketika hendak mendesain. Perhatikan faktor sebagai berikut:
  • Website seperti apa yang hendak anda bangun. Jika anda menginginkan sebuah website yang bertujuan melakukan penjualan, maka tentunya anda harus membayangkan sebuah website bertema ecommerce. Namun jika anda hanya ingin membuat website sekedar hanya untuk blog pribadi, maka bentuk apa saja yang dapat menampilkan artikel bisa anda gunakan

  • Tema Website. Apa tema yang akan anda usung di dalam website anda. Karena tema website akan menentukan warna website anda, bentuk header website, hingga gambar yang akan terpasang di header website.

  • Berapa Kolom yang akan anda gunakan. Standart sebuah website menggunakan 2-3 kolom. Jika menggunakan 2 kolom maka kolom pertama memuat tampilan artikel atau isi website, kolom kedua atau biasa disebut sisi kolom tempat meletakkan berbagai keperluan seperti banner iklan, judul-judul artikel terbaru dll.

  • Platform apa yang akan anda gunakan. Pilihlah platform yang anda kuasai, kalau saya lebih cenderung menggunakan wordpress untuk setiap website yang saya desain.
Setelah anda mengetahui kriteria-kriteria penting diatas, maka anda baru akan memulai mendesain website anda. Ingat! jangan salah paham, cara mendesain website berbeda dengan membuat website. Mendesain berarti merancang struktur bangunan website sesuai yang anda inginkan. Sedangkan membuat website adalah menjadikan struktur yang sudah anda rancang menjadi website secara keseluruhan.
Dalam mendesain website memang dibutuhkan beberapa skill atau kemampuan, karena saya menggunakan wordpress maka kemampuan yang dibutuhkan adalah:
  • Pengetahuan tentang wordpress PHP seperti loop, query, function dll.

  • Pengetahuan tentang CSS. ini bagian paling penting, karena dengan CSS sebuah website akan tampil dengan indah dan exclusive

  • Sedikit pengetahuan dasar HTML
Wow berarti susah dong mendesain website. Tidak juga jika anda ada kemauan, Mesin pencari seperti google menyediakan jutaan referensi kode php wordpress dan tutorial mendesain website. Anda hanya tinggal mengambil setiap potongan kecil dari setiap kode-kode yang anda butuhkan dan menggunakannya untuk mendesain website anda.
Kegiatan mendesain website atau blog ini sama halnya dengan membuat template atau themes pada umumnya, perbedaannya hanya dimana mendesain website akan dilanjutkan dengan membuat website sesuai dengan rancangan dan desain anda, sedangkan membuat themes hanya sebatas pada mendesain tanpa melanjutkannya dengan membuat website.
Bagaimana cara belajar mendesain website. Cara terbaik adalah memahami dulu bagaimana sebuah wordpress php bekerja, lalu pelajari juga bagaimana kerja CSS  mengatur tiap layout di sebuah website, dan tentunya pemahaman tentang dasar-dasar html sangat diperlukan untuk memahami kedua ilmu diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar